Jumat, 06 Februari 2015

FRIEND, GOOD FRIEND, OR BEST FRIEND?



Temen. Apa sih yang ada di benak kalian ketika dengen kata ini? Gimana kalo diubah jadi temen baik? Artinya masih sama apa udah beda? Apa artinya bakal beda lagi kalo kita ganti jadi sahabat?
Yup. Ketiga kata tadi punya arti masing-masing. Apa sih artinya ketiga individu tadi? Kenapa artinya bisa beda? Apa kita udah punya ketiga individu tadi saat ini, atau baru punya salah satu aja?
Oke, jawab satu-satu ya. Jawaban ini adalah jawaban menurut pendapat saya sendiri. Kalo kalian punya pendapat lain, kalian boleh comment kok. Atau pendapatnya disimpen aja gapapa. Tapi lebih baik buat dibagi, ya....
Pertama, temen. Apa sih arti temen itu? Menurutku, temen itu individu yang biasa bareng sama kita sebagai lawan bicara, partner maen, dll. Tapi mereka ga selalu bareng kita.
Kedua, temen baik. Temen baik artinya sama sih kayak temen. Bedanya yang satu ini lebih deket lagi sama kita. Mereka sering bareng sama kita.
Kalo yang ketiga? Sahabat. Definisi sahabat yang paling merema di hatiku diambil dari ayat kesukaanku dari aku kecil. Amsal 17:17. Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. Yup, Alkitab catet itu.
Dari ketiga kata tadi, mana yang paling kalian sayang? Kebanyakan orang akan jawab sahabat. Kenapa ketiga kata tadi punya makna yang beda? Aku yakin kalian udah pernah ngerasain rasanya punya sahabat, temen baik, dan temen. Rasanya pasti beda kan kalo bareng temen, temen baik, or sahabat.
Kalo diumpamain kayak game, ada tiga level. Easy, medium, and hard. Si temen ada di level yang easy, si temen baik ada di level medium, lah sang sahabat ada di level hard. Cari temen tuh super duper gampang. Gimana kalo temen baik sama sahabat? Ini yang susah dicari. Dan diantara keduanya, sahabatlah yang paling susah dicari.
Well, ga temen, ga temen baik, ga sahabat, kita butuh semuanya. Dalam milih temen, temen baik, and sahabat, kita harus pinter. Kenapa? Karena temen yang benar membawa kita dan akan tetap menjaga kita di jalan yang benar juga akan ngedorong kita biar kita jadi lebih benar dan juga baik. Mereka pengen kita jadi yang terbaik. Kalo temen yang ga benar malah bikin level kita down. Kenapa aku pake kata benar didini? Karena dalam ajaran saya, yang benar pasti baik namun yang baik belum tentu benar.
Terus gimana kita bisa tau mana yang bener dan mana yang ga bener?
Ini dia kriteria teman, teman baik, dan sahabat yang benar
1.      Pendengar yang baik
Kita bisa cerita apa aja sama dia. Dia ga bakal potong cerita kita. Dia bakal terus dengerin kita sampe kita selese crita. Mereka kayak tong sampahnya kita. Tempat kita buang crita ato curhatan.
2.     Pemberi saran
Nah kalo udah selese cerita dianya tetep diem aja kitanya dongkol kan? Saya punya lho temen kayak gini. Ga usah disebutin namanya ya. Dia emang njengkelin sih. Masa kalo aku abis cerit dia tetep dieeeeemmmm terus. Sampe aku pernah tanya “kok kamu ga ngomong apa-apa sih? Aku lagi butuh saran”. Eh dianya malah ngejawab “yang penting aku udah dengerin kan? Daripada Cuma aku cuekin?”. Gile nih orang! Itu nyata lho! Dongkol banget aku waktu dia bilang gitu!
so, jangan mau kita dimanfaatin sama orang kayak gitu. Cari orang yang bisa dengerin n bisa kasih saran. Mereka adalah tipe orang yang bijaksana dan ga bakal ngejudge kita kalo kita lagi dalem masalah ato ga sengaja bikin salah. Mereka bakal kasi pertimbangan buat kita, baik or buruknya langkah yang bakal kita ambil. Mereka selalu punya solusi buat kita, tapi ga pernah maksa kita.
3.     Bisa jaga rahasia
nah, kalo udah cerita, udah dikasi saran, pastiin kalo dia tuh bukan ember bolong. Coba kalo kalian cerita terus keesokan harinya cerita Anda tersebar diseluruh kelas ato bahkan sekolah. Gimana coba? Aku pernah lho! Untungnya bukan satu sekolah ato satu kelas yang tau. Jadi, aku suka sama orang. Sebut saja X. Terus aku cerita ke seseorang sebut sajaY. Lah si Y bocor. Terus aksi keocoran Y diketahui sama seseorang lagi yaitu Z. Si Z nih juga tau kalo aku suka si X. Si Z cerita ke aku kalo ada adkel yang tau aku suka sama si X. Lah si Z bilang lagi kalo ternyata yang ngasih tau tu si Y. Si Z tau kalo si Y yang ngasi tau tu soalnya dia ngedenger sendiri percakapan antara adkel dan si Y.
Adkel : Kak, aku suka sama Kak X. Tapi ya Kak, kayaknya ada cewe kelas 9 yang suka sama Kak X juga.
Si Y     : (dengan gayanya yang plengor) Yeee,, itu mah Si Selma dek temen sekelasku!
Adkel : Tau darimana Kak?
Si Y     : Lah Selma cerita ke aku! Baru kemaren jugak critanya...
Pie jal nek nduwe konco koyo kui? Tapi aku biasa aja sih. Toh aku juga Cuma suka sama si X. Hehehe.... sampe sekarang lhoooo... Cuma suka!
4.    Pemberi semangat
Kalo keputusan yang udah kita ambil ngebawa kita ke situasi yang ga kita harapkan, gimana coba? Kecewa, sedih, galau.. Iya kan? Nah pemberi semangat ini bakal selalu ada buat kita. Aku bahagia bannget punya sahabat yang selalu ngasi aku semangat kalo aku lagi patah hati, patah nilai, dan patah-patah yang laen. Namanya Anung (anak gunung). Kalo aku butuh disemangati, kata-kata yang selalu dia keluarkan adalahhhhhh........ “wes si sel, ora popo... Kowe kie isih iso bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla”
Itu aja kali ya, kalo empat syarat tadi udah dipenuhi sama mereka, dijamin deh mereka adalah orang orang benar yang juga sayang sama kita, hehehe...
Aku pengen upload potoku sama temen-temen ah.... hehe.... dua aja ya. wkwk.. fotoku banyak tapi di hp.
Ini foto waktu kelas 7. Jane Carolyne lagi ultah. Dia bawa roti blackforest yang sungguh luar biasa enak. Aku dapet first cake nya loh.. hehe...
Ini waktu meh kenaikan kelas. Anung yang bejaket kuning. aku di tengah. Yang ga pake jaket sendiri Nadine. Tu penampakan di pojok Aiman sama Eric. Ini foto diambil oleh Irene. kayake itu lagi nonton film horor.












 



























0 komentar:

Posting Komentar